Waspada Efek Penyakit Dari Stress

http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSL9DS839q85xB0dQPLLvN72zilivoCdj6EPBYLgC_xA4sgoyDN
http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQf5PcPO6EuI7u29hppSW54bTPEvdH4vGdZTiQRcT50u-4HtjgDOw


Meskipun peneliti sudah membuktikan kaitan antara stres dan peningkatan resiko terkena penyakit, belum ada studi yang membuktikan kaitan langsung antara stres dan penyakit tertentu. Yang pasti, stres membangunkan sistem imun tubuh anda. Ketika stres, saraf mengirim sinyal ke otak yang segera memberi tahu jaringan saraf untuk merespon stres. Setelah itu detak jantung, pernapasan dan tekanan darah meningkat. Perubahan-perubahan ini menghambat pencernaan dan respon
kekebalan tubuh.

Berikut ini beberapa penyakit yang terkait dengan stres:

1. Penyakit jantung
Di tahun 1950-an para peneliti membuktikan bahwa orang yang agresif, tak sabar, kompetitif, dan temperamental alias berkepribadian Tipe A lebih rentan kena serangan jantung dibanding kepribadian Tipe B yang sangat berkebalikan. Para peneliti sekarang percaya bahwa stres tidak hanya bertanggung jawab pada serangan jantung, tetapi juga angina, tekanan darah tinggi, dan stroke.

2. Penyakit Gastrointestinal
Kita sering mendengar ada orang yang langsung sakit perut atau muntah begitu kena stres. Penyakit Crohn, diare kronis, dan irritable bowel syndrome adalah manifestasi stres pada sistem pencernaan kita.

3. Kegemukan
Stres sangat bertanggung jawab terhadap kegemukan. Ini terjadi ketika orang mengatasi stres dengan makan es krim atau cokelat. Padahal, kegemukan merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan sebagainya.

4. Penyakit Psikologis
Stres menyebabkan depresi, panik dan kecemasan. Stres pula biang keladi
ketergantungan obat-obatan dan alcohol. Orang stres cenderung mencarri keduanya untuk meredakan gejala depresi, panik, dan cemas.

5. Flu
Karena stres melemahkan sistem imun tubuh, orang yang menderita stres kronis lebih rentan kena flu, infeksi pernapasan atas, dan infeksi lain.

6. Kanker
Memang belum ada kaitan langsung antara kanker dan stres yang terbukti secara klinis. Namun, banyak penderita kanker percaya kaitan itu jika mereka melihat kembali awal muda kemunculan kanker dan masa-masa sulit penuh stres dalam hidup mereka.


http://blognyajose.blogspot.com/2010/01/waspada-inilah-daftar-penyakit-yang.html